Kandungan Gizi dan Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Untuk Buka Puasa

Kandungan Gizi dan Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Untuk Buka Puasa - Anda suka bubur kacang hijau ?. Bubur kacang hijau atau disebut juga kacang ijo, merupakan olahan nikmat yang terbuat dari kacang hijau. Membuat bubur kacang hijau juga tidak membutuhkan keahlian khusus, hampir semua orang bisa membuatnya dengan bahan yang mudah ditemukan. Bubur kacang hijau sendiri merupakan santapan yang banyak digemari orang, karena selain enak bahan baku yang berupa kacang hijau juga memiliki banyak kandungan manfaat. Selain dibuat bubur, kacang hijau dapat dibuat berbagai makanan atau minuman seperti kecambah, susu kedelai atau makanan lain.


Sebelum kita membahas tentang resep cara membuat bubur kacang hijau. Marilah kita ketahui terlebih dahulu manfaat kacang hijau untuk kesehatan.

Kandungan gizi kacang hijau:
Tinggi kandungan serat
Tinggi kandungan protein
Kaya akan enzim aktif
Kaya akan kandungan mineral
Tinggi kandungan antioksidan
Mengandung asam lemak esensial
Kaya kandungan vitamin

Selain kandungan gizinya yang banyak seperti telah disebutkan di atas, kacang hijau juga termasuk bahan makanan yang rendah lemak dan rendah karbohidrat. Kadar lemak yang rendah pada kacang hijau menjadikan makanan yang terbuat dari kacang hijau menjadi lebih tahan tengik dan bau. Selain itu dengan kadar lemak yang rendah, kacang hijau sangat baik untuk orang-orang yang biasa menghindari konsumsi lemak tinggi. Kandungan karbohidrat yang rendah pada kacang hijau menjadikannya baik untuk pelaku diet.

Nah, mumpung di bulan Ramadhan ini mari kita coba untuk membuat bubur kacang hijau sebagai santapan ketika berbuka puasa.

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau


Cara membuat bubur kacang hijau sebenarnya sangat mudah. Namun jika kita belum mengetahuinya, maka kita akan merasa kesulitan karena tidak mengetahui resepnya.

Bahan-bahan:
250 gram kacang hijau siap pakai
200 gram santan kelapa siap pakai
1 liter air matang
2 lembar daun pandan yang sudah dibersihkan
170 gram gula pasir
1/2 sendok teh vanilli
1/2 sendok teh garam

Cara pembuatan:
1. Rendam kacang hijau yang akan dibuat bubur dalam air kurang lebih selama dua jam. Proses perendaman kacang hijau ini bertujuan untuk melunakkan kacang hijau. Carai ni juga menjadikan kacang hijau menjadi lebih mudah matang ketika dimasak.
2. Cuci kacang hijau yang telah direndam tadi dengan air bersih yang mengalir. Buanglah kacang hijau yang memiliki kualitas buruk seperti gepeng, hitam dan rusak.
3. Rebus air sampai mendidih dalam panci.
4. Tambahkan garam pada air rebusan tersebut.
5. Masukkan vanilla bubuk pada air yang mendidih.
6. Selanjutnya, masukkan kacang hijau yang telah dibersihkan tadi pada air rebusan. Biarkan dan tunggu hingga kacang hijau berubah menjadi empuk.
7. Masukkan gula pasir pada rebusan kacang hijau sedikit demi sedikit diaduk. Coba cicipi sampai manisnya pas, jika belum cukup tambahkan lagi gulanya.
8. Terus aduk rebusan kacang hjau hingga mengental dan kacang hijaunya matang.
9. Jika kacang hijau dirasa sudah matang, angkat rebusan tersebut dan masukkan pada wadah terpisah.
10. Rebus santan lalu tambahkan 1/4 sendok teh garam beserta irisan daun pandan kemudian biarkan sampai mendidih. Kemudian angkat dan simpan pada wadah terpisah.

Cara menyajikan bubur kacang hijau
Masukkan kuah bubur kacang hijau ke dalam gelas atau mangkuk
Siram bubur kacang hijau dengan santan sampai berkuah
Tambahkan ketan hitam matang ke dalam bubur kacang hijau, akan tetapi jika Anda merupakan penderita maag sebaiknya hindari ketan
Bubur kacang hijau siap untuk disajikan dalam keadaan hangat
Jika dalam keadaan panas atau terik, sebaiknya bubur kacang hijau disajikan dingin atau bisa ditambahkan es agar lebih segar

Demikianlah cara membuat bubur kacang hijau yang enak . Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin membuat bubur kacang hijau sendiri. Dengan begini maka Anda akan lebih hemat karena tidak perlu membeli bubur kacang hijau di luar. Selain itu bubur kacang hijau yang dibuat sendiri juga lebih terjaga kebersihannya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+